10 Hal Ini Menunjukkan Anak Anda Siap Masuk Taman Kanak-Kanak

anak masuk TK, anak sekolah, anak TK, tip anak masuk TKanak sedang belajar

Taman Kanak Kanak merupakan sekolah yang paling menyenangkan. Belajar dan bermain. Permainannya sederhana tapi edukatif.
Guru-guru yang mengajar juga pilihan. Iya dong. Mengajar anak usia pra sekolah itu menuntut kesabaran tingkat tinggi.
Para guru juga harus menempatkan dirinya sebagai gantinya orangtua dan membuat anak-anak merasa nyaman seperti berada di rumahnya sendiri.
Itulah mengapa mama memilih sekolah TK untuk anak-anaknya karena alasan di atas. Benar tidak ma? 
Kalau bisa selain mencari dan mendatangi sekolahnya. Tapi dilengkapi juga dengan tanya kanan kiri soal sekolah itu pada beberapa kenalan. 
Nah berapa sih usia ideal anak masuk TK? Ini biasanya menjadi bahan perdebatan. Usia 4 tahun. Sebenarnya nih ma, kalau anak sudah suka sekolah. Kenapa harus dilarang? 
Pada setiap TK pasti ada semacam trial terlebih dahulu. Manfaatkan saja ini ma. Mama bisa mengetahui seberapa bagus sebuah sekolah itu dari trial. Selain itu perhatikan guru dan terutama anak. Seberapa bagus mereka memperlakukan anak Anda. 
Sebaiknya tunggu sampai selesai. Ini bukan masalah anak berani atau tidak. Ketika mama menunggu, sebaiknya jaga jarak. Agar anak ada kesempatan berinteraksi dengan teman barunya. Andai ada yang sudah dikenalnya jauh sebelum sekolah, itu akan jauh lebih baik. 
Biasanya trial ada tiga hari. Meski anak Anda hari pertama mengajak pulang. Itu sudah masuk hari ketiga lho. 
Letak TK sebaiknya pilih yang lebih dekat dari rumah. Hal ini dikarenakan anak sedang dalam proses penyesuaian, pengenalan dan kenyamanan.
 Jangan sampai dia lelah dulu sebelum sampai sekolah. Nanti moodnya sudah tidak bagus. Mama harus tetap menjaga ini. Kita harus mengkondisikan bahwa sekolah itu menyenangkan.
Lalu bagaimana cara mama mengetahui anak sudah siap masuk TK? Ada beberapa hal yang perlu mama perhatikan dan sebaiknya diajarkan juga terlebih dahulu di rumah.
1. Anak mulai suka memperhatikan teman sebayanya atau siapa saja yang menggunakan seragam. Dia juga mengatakan pada Anda, kalau ingin sekolah.
2. Bertanya huruf dan angka apa. Terutama ketika di luar rumah. Dia akan lebih memperhatikan dan tanya mengenai tulisan dan angka. Atau anak akan tanya itu tulisan apa, ketika sedang membuka buku. 
3. Dia ingin memakai sepatu dan kaos kaki. Meminta tas. Kemudian bergaya seperti orang sekolah.Mengambil buku dan peralatan tulis lalu memasukkan ke tas. 
4. Suka mengambil buku pelajaran yang ada di toko. Katanya untuk belajar. 
5. Dia meminta Anda untuk mengajarkan lagu ABCD, menyebutkan angka secara urut. 
6. Anak sudah bisa menulis nama sendiri. Lebih baik anak sudah diajarkan pelan-pelan tentang huruf dan angka. Dasar saja ya ma. 
7. Anak sudah bisa menyebut huruf ABC dan menuliskanya. 
8. Mengenali, menghitung dan menuliskan angka 0-20.
9. Bisa menebalkan garis putus dan melingkari.
10. Mewarnai gambar
Apakah anak harus bisa semua itu? Kalau bisa tentu bagus. Tapi tenang, kalau pun hanya beberapa saja dari 10 hal di atas juga tidak masalah ma. Nanti toh guru TK akan mengajarkannya di sekolah.
Bagaimana ma? Apakah ada yang ingin mama tanyakan dan mengganjal? Silakan isi komen di bawah ini ya. 
Silakan share ke teman mama, siapa tahu ada yang membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat ya ma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *