Mama Wajib Lakukan 13 Cara Agar Anak Aman di Mall

Mama Wajib Lakukan 13 cara agar anak aman di mall ini yuk! Anak-anak sering lupa ketika berada di pusat keramaian. Mereka masih saja berlarian. Menyelinap lalu bersembunyi di antara gantungan baju yang dijual salah satu gerai.
Mama yang awalnya hendak belanja baju untuk mereka pun mulai kewalahan. Ingin memilih tapi anak terus saja bergerak tak tentu arah. Lalu menghilang dari pandangan.
Belanja yang diperkirakan hanya setengah jam, molor sampai empat jam. Hanya untuk beli satu baju saja. Mama jadi tidak bisa fokus memilih karena mengawasi anak.
Atau lain waktu, mama sedang belanja kebutuhan rumah tangga. Sementara mama sibuk memilih barang yang hendak dibeli, eh anak sudah entah dimana. Mama pun jadi sibuk mencarinya kemana-mana.
Mama jadi tidak maksimal ketika belanja. Seharusnya mama bisa membeli barang yang mungkin lebih hemat, eh malah memilih produk lain karena tak sempat lagi memperhatikan.
Belum lagi kalau mama sedang mencari toko langganan. Karena sudah lama tidak datang, akibatnya lupa lokasinya. Enggak banget kan? Sedang asyik mencari toko, eh anak lepas dalam genggaman.
Dia sudah berlari dengan riang. Mama pun mengejarnya. Yang bikin was-was kalau dia mengarah ke eskalator atau lift yang terbuka. Duh….
Pernah mama mengalami hal di atas?
Apabila mama berada di pusat keramaian seperti mall.  Mama harus ekstra dalam menjaga anak. Jangan sampai karena lengah, anak pun lepas dan menghilang.

Hal yang biasanya terjadi di mall

  1. Colokan yang terbuka. Ada lho ma yang tidak dalam posisi tertutup. Apalagi posisinya biasanya dekat dengan lantai. Kebayang kan kalau itu dipegang batita?
  2. Gulungan kabel yang belum dirapikan. Saat proses perbaikan, kadang suka ada kabel yang seharusnya disimpan di gudang.
  3. Eskalator itu tidak aman. Anda tidak bisa duduk bahkan kaki tidak boleh ada di garis kuning. Tidak boleh meletakkan kaki di bagian bawah pegangan itu.
  4. Pagar di tiap lantai yang kadang ada celah. Jangan biarkan anak menempel ke pagar. Sebaiknya tidak usah dekat seperti itu. Kalau terpaksa. Pastikan mama menggenggam tangannya ya.
  5. Anak yang bermain pegangan eskalator. Kalau memegangnya bisa berakibat tergelincir ke bawah. Hiii serem….

Lakukan 13 Hal Ini Ma Agar Anak Aman di Mall

Nah untuk itu mama bisa lakukan ini untuk menghindari kecelakaan yang mungkin bisa terjadi akibat lengah. Duh jangan sampai ya ma.
1. Perhatikan anak dan pastikan berada di dekat Anda
Kalau mama sedang berbelanja kebutuhan pokok atau beli baju. Selalu pastikan anak berada di dekat Anda. Caranya libatkan dia ketika belanja. Tanyakan mau beli apa. Misal beli kaos. Tanyakan mana kaos yang bagus buat mama atau anak.
2. Kalau anak masih batita sebaiknya mama gendong atau taruh dalam stroller
Keadaan dalam toko tidak aman untuk anak. APalagi kalau di rak yag berisi berbagai produk. Coba bayangkan kalau rak tersebut berisi botol parfum dari gelas. Kemudian anak meraih salah satu. Kemudian terpeleset. Botol bisa pecah. Anda pun harus mengganti.
3. Ajarkan anak agar selalu berhati-hati
Mama harus sering mengingatkan anak. Baik masih di rumah hingga sampai di mall. Ingatkan setiap waktu ya ma. Agar bisa masuk ke dalam pikiran.
Lama kelamaan anak juga akan mengerti.
4. Sebaiknya mama meneliti kembali apakah ada pakaian anak sudah aman
Misal begini. Mama pastikan tali sepatu dalam kondisi terikat. Jaket sudah ada di dalam tas.
Ini agar anak aman ketika berada di eskalator. Tidak tersangkut. Atau misal tidak terjungkal ketika jalan. Karena menginjak tali sepatunya sendiri.
5. Jangan bawa stroller di eskalator
Mama sering melihat orangtua yang membawa anak dalam stroller melewati eskalator? Sebaiknya jangan ya ma. Tidak aman. Lebih baik bawa dengan lift ya.
6. Anak mudah meniru jadi jangan beri contoh yang salah
Misal nih, mama buru-buru ingin masuk lift. Kemudian melihat ada lift yang pintunya belum menutup dengan sempurna. Lalu mama menghentikan lift dengan tangan, tas atau apa pun. Itu bahaya lho ma. Apalagi kalau dilakukan di depan anak. Kawatirnya mereka meniru apa yang Anda lakukan.
7. Gandeng anak ketika menuruni eskalator meski sudah bukan batita lagi
8. Pastikan anak sudah Anda kenalkan pada tanda seperti papan kecil berwarna kuning.
Yang biasanya menandakan lantai basah. Katakan pada anak bahwa kalau ada tanda itu berarti lantai licin. Anak harus berhati-hati.
9. Selalu pastikan anak tidak melepas sepatu atau sandalnya.
Karena kita tak pernah tahu ada gulungan kabel. Atau kabel listrik yang terbuka. Sehingga tidak tersengat listrik
10. Ajarkan pada anak agar tidak sembarang menerima ajakan bermain oleh orang yang tidak dikenal. Beritahu mereka agar selalu waspada.
11. Anak tidak boleh menerima jajanan atau permen oleh siapa pun
12. Tetap temani anak ketika ingin buang air kecil di kamar mandi.
Kalau perlu masuk ke dalam. Kalau anak masih SD sebaiknya anda ajak masuk ke toilet wanita saja ya ma.
13. Berbelanja sampai menggunakan troli.
Dudukkan anak pada tempat dudukan yang tersedia. Selain mudah dijangkau Anda. Juga lebih aman di banding ada di dalam trolli. Kalau perlu mama bisa menggunakan troli yang ada mobil itu. Sehingga dia juga bisa keluar masuk sendiri. Tetap awasi anak ya.
Sebaiknya mama lakukan 13 hal di atas, setiap bepergian ke pusat perbelanjaan. Sehingga anak aman selama di mall. Share ke teman ya ma. Supaya semakin banyak yang mendapat informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *