Mengapa Komunikasi Mama dan Guru Sangat Penting Untuk Anak




Pentingnya Komunikasi Mama dan Guru Bagi Anak, hubungan guru dan orangtuaPentingnya Komunikasi Mama dan Guru Bagi Anak

Pentingnya Komunikasi Mama dan Guru Bagi Anak. Adakah mama kece yang memiliki anak yang sudah bersekolah di SD? Kalau iya. Artikel ini wajib Anda baca. Mengapa? Berdasarkan pengalaman, berkomunikasi dengan guru atau kepala sekolah sangat membantu anak Anda di sekolah. Kok bisa? Mungkin itu pertanyaan yang akan terlontar.
Kita tak pernah tahu apa yang terjadi di sekolah. Kita sendiri juga berada di rumah atau kantor. Meski bukan jaminan bahwa guru tahu semua hal yang anak alami di sekolah. Minimal kita bisa tahu saat anak beraktivitas di dalam kelas.
Akrab dengan guru bukan berarti kita melakukan pendekatan agar dipermudah. Tidak ya ma. Bukan itu. Kedekatan kita terhadap guru, kepala sekolah atau pihak sekolah lebih untuk mengetahui perkembangan anak. Apabila kita ada masalah, kita juga bisa menghubungi guru, agar mereka bisa membantu menyelesaikan masalah. Ya meski tidak semua guru bersikap yang sama. Minimal mama sudah berusaha bukan?
Perkembangan Anak di Sekolah
Lakukan secara rutin menanyakan perkembangan anak di sekolah. Tanyakan kepada wali kelas anak. Ya seperti ketika Anda mengobrol. Guru akan senang menjawab karena ini juga salah satu harapan mereka dari orangtua. Biasanya guru sedih karena tidak semua orangtua memiliki kepedulian yang sama terhadap anak.
Mama akan mendapatkan info tentang anak secara lengkap. Jangan lupa beritahukan kebiasaan anak di rumah ya ma. Agar guru juga memiliki perbandingan. Sebaiknya tidak membela diri kalau hasil pengamatan guru berbeda dengan harapan mama. Tapi apabila memang berbeda dengan apa yang mama kenal maka sampaikanlah. Tidak apa.
Deteksi Dini Teman yang Berpotensi Membully
Membiasakan anak bercerita itu sangat bagus ma. Cerita apa saja. Terlebih dulu tanyakan apa yang mereka lakukan selama di sekolah. Berikan pengertian mama tidak mengetahui apa yang anak alami karena berada di rumah atau kantor. Hal ini bisa bermanfaat bagi kita, untuk mengetahui apa yang terjadi pada anak. Anda bisa mengetahui siapa teman yang baik atau suka bullying.
Mama bisa menceritakan hal ini pada guru atau kepala sekolah. Tidak apa. Katakan secara rinci, agar mereka bisa menindaklanjuti.
Sempatkan Untuk Menunggu Anak Sampai Masuk Kelas
Alasannya adalah mama perlu mengetahui siapa teman-temannya. Bagaimana anak Anda berteman dan bersosialisasi. Apakah dia bisa membaur atau menahan diri karena ada teman-temannya. Ketidaknyamanan anak akan terlihat.
Mama bisa menceritakan ini pada guru wali kelas. Biasanya guru akan memiliki cara kreatif di luar dugaan Anda. Caranya bisa bermacam-macam. Hasilnya juga perlu diamati dan beritahukan pada guru.
Akrablah dengan Teman Anak
Lakukan pendekatan dengan teman anak mama. Kenapa? Karena biasanya mereka ini anak yang kurang diberi perhatian yang cukup oleh orangtua dan lingkungannya. Ketika Anda ikut memperhatikan mereka. Juga masuk ke dunianya akan membuat mereka merasa nyaman. Biasanya mereka juga akan sungkan terhadap mama dan anak.
Lakukan ini secara senatural mungkin. Akan lebih baik kalau Anda memang pecinta anak-anak. Hal ini tak perlu Anda ceritakan pada guru. Mereka akan tahu dengan sendirinya kok ma. Tapi mama bisa menjadikan pengamatan Anda selama akrab dengan teman-teman anak untuk informasi penting guru. Tetap ada manfaatnya kan ma.
Manfaatnya anak mama akan aman berada di sekolah karena temannya tahu mama menyayangi mereka juga. Terus lakukan ini. Jangan berhenti, meski tahu anak-anak sudah akrab dengan Anda. Ajarin mereka hal yang bersifat melindungi diri atau yang berhubungan dengan itu.
Semoga bermanfaat ya ma, Pentingnya Komunikasi Mama dan Guru Bagi Anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *