Merajut Sebagai Terapi Ketika Mulai Stress Ma

Manfaat merajut untuk terapi stress
Merajut ada dua macam yaitu crochet dan knitting. Crochet menggunakan satu jarum dan hasil rajutannya begitu variatif dan cantik. Mama bisa membuatnya menjadi taplak, sarung bantal tamu, syal, bros dan masih banyak lainnya.
Sementara knitting menggunakan dua jarum. Biasanya untuk membuat baju hangat, selimut, topi dan kaos kaki. Motifnya tidak begitu bervariasi seperti crochet. Tapi cukup menarik lho untuk dipelajari.
Berdasarkan pengalaman nih ma, merajut ini bisa untuk terapi stress. Eits tunggu dulu. Stress tidak selalu berarti gangguan kejiwaan yang biasanya disalahartikan kebanyakan orang lho.
Kita tegang karena besok presentasi, sudah termasuk stress lho. Misal kita ga punya uang sementara kebutuhan terus ada, masuk stress. Kurang lebih seperti itu.
Nah merajut ini bisa membantu terapi itu. Terapi dalam bentuk menenangkan atau mengurangi kadar stress tadi.

 

Caranya? Ya dengan merajut. Memang

merajut itu musti dipelajari terlebih dahulu. FYI ma, merajut itu awalnya juga dari teknik paling mudah kok. Satu teknik merajut bisa menjadi berbagai macam produk atau hasil rajutan menarik.

 

Bagaimana belajar merajut?

Merajut bisa dipelajari dari buku. Tersedia di toko buku lho. Biasanya teknik merajutnya diberikan secara bertahap dan dalam bentuk gambar. Awalnya mempelajari macam tusukan terlebih dahulu. Ini harus dipelajari untuk bisa membaca pola. Setiap hasil rajutan semuanya pakai pola.
Nanti kalau mama sudah terbiasa membaca pola. Lama kelamaan bisa membuat dan mendesain sendiri karya rajutannya lho. Seru kan?
Bisa juga dengan menonton tutorial berupa video. Youtube juga tersedia banyak. Mama tinggal mencari kata kunci untuk belajar rajutan. Tinggal pilih knitting atau crochet.

Proses terapi dengan merajutnya bagaimana?

Kalau sudah bisa merajut. Misal mama merasa stress atau tertekan. Bisa mulai merajut. Jangan memaksakan diri untuk selesai saat itu juga. Misal mama bikin tas sederhana yang bisa dicangklong ya ga perlu sampai selesai. Selama sudah rileks, ya berhenti.
Ingat ada keluarga yang diurus kan? Anak-anak yang butuh perhatian. Suami yang perlu dibikinkan teh hangat.
Mama bisa meneruskannya nanti atau keesokan harinya.

Merajut bisa dilakukan dimana saja.

Merajut ini bisa dilakukan mama dimana saja lho. Serunya itu. Mau di kantor, rumah, di perjalanan, atau sedang di mall. Kepraktisan peralatannya memang membuatnya tidak makan tempat di tas.
Mama cukup membawa benang rajut, jarum dan gunting. Bahkan gunting ini jarang dipergunakan. Biasanya kebanyakan saat finishing. Cuma ya lumayan penting juga.

Manfaat merajut

Merajut juga memiliki manfaat yang tidak sedikit. Terutama di usia mama yang sudah terbilang tidak muda lagi. Terkadang tak jarang ditemukan mama yang baru menikah saja sudah suka lupa. Merasa hilang konsentrasi. Suka merasa tertekan dengan banyaknya pekerjaan rumah tangga. Peliknya mengurus anak.
Merajut bisa membuat mama akan merasa lebih baik. Contohnya seperti ini;
1. Merasa santai : mama akan merasa lebih rileks ketika sudah merajut. Menikmati tiap proses pembuatannya. Terutama sambil bersandar di tembok atau bantal. Mendengarkan lagu. Duh jadi pengen merajut.
2. Konsentrasi: Merajut dikenal memiliki beberapa tipe tusukan, motif dan teknik. Mama harus konsentrasi agar tidak salah dalam tusukan. Salah sedikit bisa mengubah bentuk dari hasil rajutan.
Apabila mama bisa konsentrasi dengan merajut. Pikiran yang tertekan tadi bisa teralihkan.
3. Melatih daya ingat: Merajut memiliki pola meski dengan satu tusukan yang paling dasar. Namun itu akan diulang terus menerus sampai selesai.
Pada bagian tertentu juga bisa ada tusukan yang berbeda kemudian kembali ke tusukan awal. Hal ini yang menuntut mama harus bisa konsentrasi.
Manfaatnya mama bisa terlatih daya ingatnya. Sehingga berkurang lupa bawa ponsel. Lupa belanjaan masih tertinggal di warung.
4. Ketelitian: Merajut sangat butuh ketelitian ma. Semakin ahli kita. Semakin banyak teknik dan pola yang membutuhkan konsentrasi. Salah tusukan saja bisa membuat pola berubah.
Mama harus mengulang deh. Kalau mau. Nah ini termasuk harus sabar kan?
Apabila mama sudah melewati fase ini. Mama saat mudik tidak akan terlewat satu barang untuk dibawa. Hehe. Coba aja.
5. Seni: Seninya dimana? Merajut aja gitu. Jangan salah ma. Merajut juga merupakan karya seni lho. Bisa berasal dari pemilihan warna dan desain. Apabila mama salah memilih warna misal. Padahal desainnya sudah bagus. Ya, hasilnya kurang menarik.
Kalau desainnya sederhana, pemilihan warna tepat, produknya bisa tampil menarik. Nah desain sederhana juga belum tentu bagus. Jadi sisi seni kita musti diasah lebih jauh dengan banyak melihat macam kreasi rajutan di google. Untuk bahan referensi.
Selamat mencoba ya ma. Silakan komen dan share ke temannya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *