Ternyata Hal Ini Yang Menyebabkan Sarapan Itu Penting

Manfaat anak sarapan

Sarapan adalah aktivitas makan santapan pada pagi hari. Biasanya sarapan berlaku mulai pukul enam sampai sepuluh pagi. Sarapan juga bisa memberi energi sampai siang lho ma. 
Sarapan memiliki banyak manfaat, terutama untuk anak-anak yang sekolah. Apalagi mereka ini memiliki aktivitas yang padat yang menguras tenaga dan pikiran.
Mama, sudahkah membiasakan anak sarapan?
Sarapan sangat bagus untuk anak. Kalau tidak dibiasakan sejak dini, hal ini akan memperburuk kondisi anak.
Kok bisa?
Sarapan sebenarnya merupakan cara untuk mengembalikan energi.

Manfaat anak sarapan

Jadi kalau anak sarapan, secara tidak langsung sudah memberikan energi untuk aktivitasnya di sekolah. Belajar di sekolah juga menguras tenaga dan pikiran. Pelajaran sekarang juga makin rumit dan harus dikuasi sejak kecil. Iya ga sih ma? Maka tak heran seusai belajar, anak suka makan atau ngemil.
Tak terbayang kalau anak tidak sarapan sebelumnya. Mereka mudah lapar, susah konsentrasi  dan mudah capek. Akibatnya ketika istirahat, mereka ada kecenderungan untuk mengudap makanan tak sehat yang biasa dijual di sekolah.
Mengapa Sarapan Itu Penting?
Selain anak mudah lelah, tidak bisa konsentrasi dan gampang lapar, juga ada beberapa hal yang membuat sarapan sangat penting.
Saat anak tidur di malam hari, sebenarnya metabolisme tubuh tetap berlangsung. Hal ini tentu akan membutuhkan energi yang tidak sedikit. Kadar gula juga menurun. Itu kenapa ketika bangun, badan terasa lelah.
Akibatnya kalau anak tidak sarapan, energi tidak ada, maka metabolisme akan menjadi rendah. Lemak pun menumpuk.
Bahayanya kinerja hati juga terganggu karena kadar gula rendah tadi mengambil cadangan gulanya. Mengerikan ya ma.
Mulai Sarapan Menu Seimbang
Solusinya hanya satu yaitu sarapan. Usahakan membuatkan menu sarapan. Aduh ga punya waktu. Jujur saja ma, sarapan itu tidak ribet dan menghabiskan waktu.
Mama bisa menanak nasi yang cukup. Dadarkan telur. Memasak nasi goreng. Memasak sarden atau tempe goreng. Bisa juga mama membeli nugget menggorengnya.
Setiap anak akan berangkat sekolah, sajikan menu sederhana tadi dengan nasi seukuran kepalan tangan. Saya pernah mendengar kata ahi gizi di suatu acara bahwa lambung manusia itu seukuran sekepal tangan. Jadi perutnya sudah kenyang.
Bagaimana ma? Tip tentang manfaat anak sarapan. Ternyata sarapan memang sangat penting dan bahaya juga kalau ditinggalkan. Menunya juga tak usah yang rumit kan?
Selamat sarapan  ya. Jangan lupa kabari MamaKece melalui komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *