Segera Lakukan Ini Kalau Mama Ingin Menyapih Anak

Menyapih anak memang memberikan dilema yang sangat besar pada seorang mama. Iya ga sih ma? Kali ini mamakece akan berbagi tentang cara menyapih anak.

Menyapih merupakan kegiatan yang membuat hubungan ibu dan anak semakin kuat. Tentu saja akan ada perasaan merasa bersalah bercampur kehilangan. Ini merupakan hal yang jamak dialami mama.

Ada beberapa hal yang wajib mama perhatikan sebelum menyapih.

1. Anak sudah masuk usia dua tahun tapi tidak mau

disapih. Sudah berbagai cara mama coba dan tidak menemukan hasil.

2. Gigi anak sudah tumbuh lengkap. Ini kalau masih menyusu, mama akan sering mengalami kesakitan. Terutama batita yang akan tidur harus minum ASI. Ketika terlelap dia lupa masih menyusu. Akibatnya tanpa sadar dia menggingit. Ini bisa membuat mama merasakan sakit luar biasa.

3. Anda kesakitan ketika anak menyusu. Kawatirnya ini bisa memberikan efek trauma pada mama. Sakitnya itu lho ma.

4. Anak tidak bisa tidur kalau belum minum ASI.

Kalau dari keempat hal di atas telah mama alami. Memang sekarang waktu yang tepat untuk mulai menyapih anak. Caranya sangat sederhana ma. Tapi cukup ampuh.

Berikut ini cara menyapih anak yang harus mama coba.

1. Mulai sering memberikan makanan yang mengenyangkan. Juga jangan melupakan memberi asupan buah yang cukup.

2. Berikan secara sering susu selain ASI. Mama juga bisa mengenalkan minuman selain itu. Jadi anak akan berpikir bahwa ada banyak minuman yang bisa membuat anak tidak haus.

3. Membuat anak merasa lelah hingga dia tertidur lebih dulu. Mama bisa mengajak atau menemani anak bermain. Kalau dia merasa lelah biasanya akan tertidur dengan sendirinya. Lupa deh dengan ASI.

4. Oleskan lipstik merah dan katakan Anda sedang sakit. Biasanya anak tidak akan menyusui. Hanya sementara. Anda harus mencoba cara lainnya ya ma.

4. Katakan pada anak kalau mama kesakitan setiap menyusui. Sayangnya kalau anak sudah mengantuk dan rewel sering tidak peduli. Jadi mama wajib memberitahukan pada anak sesering mungkin. Bahkan ketika sedang bersantai.

5. Oleskan lotion pada payudara mama sebelum anak menyusui. Kalau dia menyusui akan segera berhenti.

6. Alihkan perhatian anak ke hal lainnya. Misal dengan mengajaknya bermain. Melakukan aktivitas lainnya seperti jalan-jalan di komplek perumahan. Mama juga bisa meminta tolong papa agar membantu mengalihkan perhatian. Bisa dengan menggendong atau apa saja.

7. Sesekali gendong dia sampai tertidur. Tapi jangan terlalu sering ya ma. Karena bisa membuat anak ketagihan minta digendong.

8. Katakan anak kalau dia sudah besar. Malu kalau masih menyusui. Nanti kalau ketahuan temannya gimana? Katakan ini dengan cara yang baik ya ma. Beri dia pengertian terus menerus.

9. Misal belum berhasil, mama bisa melakukan cara ini. Katakan kalau jorok sudah besar masih menyusui. Hal ini pernah dicoba dan manjur.

Selamat mencoba ya ma. Usahakan menghindari memarahi anak karena masih menyusu. Dengan mama memberitahukan secara pelan dan sabar. Biasanya lebih efektif. Cara di atas sudah banyak dipraktekkan oleh mama yang ingin menyapih anak.

Semoga bermanfaat. Silakan share ke teman ya. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *