Tidur Miring Bisa Menyebabkan Posisi Bayi Sungsang?


Manfaat tidur miring pada ibu hamil – Saat hamil memang membuat mama lebih hati-hati dalam memilih posisi tidur ya? Hal ini wajar kok ma. Pasti kawatir kalau akibat salah posisi tidur menyebabkan bayi dalam kandungan memiliki hal yang tak diinginkan. Kita langsung aja ya ma, cbicara soal ini.

Ma, sebenarnya tidur dalam posisi apapun tidak masalah. Tak ada yang perlu ditakutkan. Pastikan saja kalau mama tidur dalam keadaan nyaman.

Tuhan sudah menciptakan tempat yang sangat kokoh untuk bayi mama. Bayi juga sudah memiliki kemampuan untuk mencari tempat yang nyaman.

Biasanya nih, banyak mama yang hamil mulai tidak keruan perasaannya ketika mendengar bahwa bayinya sungsang. Bisa ini terjadi sebelum usia kehamilan menginjak

sebelum 34 minggu, mama bisa tenang. Mengapa demikian?

Bayi tersebut masih bisa berputar di dalam rahuim.

Lalu bagaimana posisi terbaik untuk seorang mama hamil?

Sebenarnya ya ma, tidur miring itu termasuk posisi terbaik. Hal ini disebabkan karena menghindari rahim yang berat menekan pembuluh darah besar yang terdapat di tengah tubuh.

Apa yang terjadi kalau pembuluh darah ini ditekan dalam jangka waktu lama? Maka mama akan mengalami supine hypotension.

Sindrom hipotensi telentang atau istilah medisnya supine hypotensive syndrome adalah sebuah sindrom hipotensi yang seringkali ditandai dengan berkeringat, mual, dan takikardia. Kondisi ini terjadi pada beberapa wanita hamil di posisi terlentang dan berhubungan dengan obstruksi vena balik oleh uterus. Hal ini bisa menyebabkan mama hamil mengalami kehilangan kesadaran.

Tekanan darah akan menjadi berkurang dan mengakibatkan pingsan. Nah bahayanya darah akan berkurang sampai kepada bayi.

Ciri mama mengalami Supine Hypotensive Syndrome adalah:

1. Mama akan berkeringat

2 Mual

3. Merasa lemah dan lelah

4. Dada terasa sesak

5. Mengalami penurunan tekanan darah

6. Ada kemungkinan mama mengalami kehilangan kesadaran

Jadi tidak ada masalah sama sekali kalau mama tidur miring. Malah dianjurkan. Bagaimana ma, sudah mulai berkurang kekawatirannya? Semoga bermanfaat ya.

Share ke teman ya ma. Siapa tahu banyak yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *